PT. FADNOV AIRTECH INDONESIA

Specialist Rental Air Compressor

4 Kekeliruan Fatal saat membeli Air Compresor, Point #3 sering dilakukan

Air Compressor merupakan salah satu utilitas yang cukup banyak menyedot anggaran di fasilitas industri. Berdasarkan penilaian energy industry menengah, kami menemukan bahwa rata-rata, air compressor memerlukan sekitar 5- 20% dari Total biaya listrik tahunan pabrik, oleh karena itu ketika Kita berencana untuk membeli Air Compressor baru, harus teliti, dan selektif karena ada beberapa kekeliruan fatal yang sering dilakukan ketika membeli Air Compressor baru, Apa saja kekeliruan  tersebut?

Berikut 4 kekeliruan yang sering dilakukan saat membeli kompresor

  1. Memilih Tipe / Jenis Kompresor yang Salah

Setiap industry memiliki kebutuhan air compressor yang berbeda – beda, agar dapat memenuhi keperluan operasional dengan maksimal, Sehingga Kita harus mengetahui jenis industry tersebut, dan apa kebutuhan air compressor yang cocok untuk industry Kita.

Seringkali industri salah dalam menentukan tipe/jenis kompresor yang cocok untuk industrinya, missal pada Piston Compressor, kompresor ini biasanya digunakkan di industri yang penggunaannya ringkas, seperti pada bengkel atau SPBU. Dan tidak beroperasi selama 24 jam. Atau kompresor piston juga biasa digunakan sebagai pendukung pada mesin utama dalam industri kapal. Keunggulan dari kompresor piston ini adalah tidak memakan banyak tempat, mudah digunakan dan tahan lama.

Jika industri Kita merupakan industri yang bekerja 100 % tanpa henti, maka Screw compressor adalah pilihan yang tepat untuk bisnis skala kecil dan menengah Kita. Kompresor screw dapat memenuhi kebutuhan tersebut, selain itu juga kompresor screw menawarkan konsumsi energi yang rendah dan tingkat efisiensi kerja yang tinggi. Tidak seperti kompresor piston yang kebutuhan energinya terus meningkat seiring berjalannya waktu. Perbedaan lainnya, screw compressor menghasilkan suara dan getaran yang kecil saat dioperasikan.

Jika Kita membutuhkan kompresor di lapangan dan tidak ada listrik di sana, maka portable kompresor menjadi pilihan yang tepat dalam memenuhi kebutuhan industri tersebut.

Atau jika industri yang Kita butuhkan yang bebas oil dalam produksinya, seperti industri farmasi atau food & beverage, maka oil free compressor adalah solusinya, tetapi jika industri yang Kita bangun tidak memerlukan itu, oil injected compressor adalah pilihan tepat, agar investasi yang Kita keluarkan tidak mahal.

Oleh karena itu dalam memilih tipe / jenis kompresor ini Kita harus benar – benar selektif dan mengerti betul industri yang Kita sedang jalankan. Jangan sampai Kita salah dalam memilih jenis kompresor, hal tersebut akan menyulitkan bisnis Kita.

 

  1. Memilih Ukuran / Capacity Kompresor yang Salah

Hal berikutnya yang sering orang salah lakukan adalah memilih ukuran atau kapasitas kompresor yang dibutuhkan. Biasanya kebutuhan ukuran / kapasitas kompresor dihitung berdasarkan perhitungan pasokan aliran udara yang dibutuhkan dari perhitungan free air delivery (FAD).  Selain itu penting juga untuk mengetahui rencana peningkatan produksi kedepannya atau yang akan datang. Sehingga Kita tidak salah dalam memilih ukuran / kapasitas kompresor yang dibutuhkan.

 

Misal Kita memilih kompresor yang kapasitasnya tertalu kecil, hal tersebut akan membebani kerja kompresor pada peningkatan volume produksi. Selain itu dapat juga menyebabkan peningkatan intensitas servis dan kerusakan suku cadang, yang pada akhirnya menjadi biaya lebih di Kita. Atau Kita memilih ukuran kompresor yang terlalu besar, hal tersebut akan membuang sumber daya perusahaan, seperti listrik yang dibutuhkan atau bahan bakar lainnya.

 

Oleh karena itu, Kita harus mengetahui ukuran / kapasitas kompresor yang sesuai untuk Kita. Berikut cara yang dapat digunakan saat kita menentukan ukuran / kapasitas kompresor yang dibutuhkan

  1. “Berapa besaran tekanan yang Kita butuhkan untuk konsumsi udara bertekanan Kita?”
  2. “Seberapa maksimal volume aliran udara terkompresi yang Kita butuhkan?” Terlalu kecil maka tekanan mesin akan turun dan terlalu besar maka efisiensi kerja akan menurun. Jika kebutuhan aliran udara Kita memiliki rentang yang besar, kami sarankan untuk menggunakan kompresor Regulated-Speed Drives (RSD).

 

  1. Memilih Rekanan yang Salah dalam Membantu Kebutuhan Kompresor Kita

 

Hal berikutnya yang seringkali salah ketika berencana membeli kompresor baru adalah salah dalam memilih rekanan, pilihlah rekanan yang memiliki jaringan yang complete dalam membantu memenuhi kebutuhan Kita, seperti jaringan servis dan sukucadang yang dimiliki brand kompresor pilihan Kita.

 

Sering kali saat memilih brand kompresor atau rekanan hanya berdasarkan harga tanpa melihat jaringan yang dimiliki dari rekan Kita, sehingga saat dibutuhkkan pasokan dan perbaikan suku cadang seringkali menjadi sulit. Dalam kasus terburuk, unit kompresor baru Kita tidak lagi dapat dioperasikan. Oleh karenaitu, pilihlah brand kompresor/ rekanan yang terpercaya dengan jaringan service dan pengadaan suku cadang yang jelas.

PT Fadnov Airtech Indonesia adalah pilihan tepat Kita untuk membantu kebutuhan kompresor Kita. Fadnov memiliki jaringan yang luas, dan memiliki divisi yang komplet untuk menunjang kebutuhan kompresor kita, seperti memiliki tim after sales dan service, juga tim rental jika sewaktu-waktu Kita membutuhkan backup kompresor Kita

4. Tidak Mempertimbangkan Total Biaya Kepemilikan Kompresor /TCO (Total Cost Ownership)

Biaya siklus atau total biaya kepemilikan, adalah biaya yang dikeluarkan selama siklus hidup unit, dalam hal ini kompresor, seperti biaya energi, pemeliharan dan perbaikan, serta penurunan nilai, secara signifikan lebih tinggi dari pada biaya awal pembelian kompresor.

 

Biaya energi untuk menghasilkan udara terkompresi yang dibutuhkan kita dapat mencapai 80% dari biaya siklus hidup. Oleh karena itu, efisiensi energi kompresor sangat penting. Biaya perawatan dan perbaikan sering diabaikan. Oleh karena itu, Kita jangan hanya tergiur dengan harga yang ditawarkan, kroscek dan hitungkan total biaya kepemilikan sehingga investasi yang Kita keluarkan pada kompresor tepat sasaran.

 

fadnov

Web:



Leave a Replay

Make sure you enter the(*)required information where indicate.HTML code is not allowed

EnglishIndonesian