PT. FADNOV AIRTECH INDONESIA

Specialist Rental Air Compressor

Cara Perawatan Kompresor Udara, Kapan Perlu Dilakukan?

Perawatan kompresor udara yang baik dapat memperpanjang usia kompresor dan meningkatkan efisiensi kompresor udara anda. Mengapa kompresor udara perlu perawatan?

Bagian dalam kompresor udara terdapat sepasang screw male dan female yang saling bergesekan satu sama lain dengan menggunakan oli sebagai cooling dan lubricating. Semakin lama kompresor running maka semakin aus pula oli yang digunakan, ini akan berakibat fatal karena akan berdampat pada part yang lain.

Kompresor udara yang sudah tidak efisien dapat menghasilkan udara dengan kualitas kurang baik. Udara yang kurang baik ini dapat merusak alat pneumatic yang tersambung ke kompresor. Namun, anda dapat mengurangi kerusakan atau perbaikan besar jika rajin merawatnya. Berikut cara merawat kompresor yang baik dan benar.

 

1. Perawatan Harian

    • Bersihkan unit. singkirkan debu, minyak, atau kotoran yang ada pada mesin
    • Periksa kabel listrik. Jika Anda melihat sesuatu yang tidak biasa, selidiki lebih lanjut sebelum menghidupkan kompresor
    • Cari komponen yang longgar. Kelonggaran sering terjadi karena kompresor bergetar saat dinyalakan. Jika Anda menemukan bagian yang longgar, kencangkan
    • Cari kebocoran udara. Sekali lagi, jika Anda melihat masalah ini, perbaiki masalah sebelum Anda menggunakan kompresor.

 

2. Perawatan Mingguan

Kompresor screw menggunakan filter udara untuk memastikan bahwa kontaminan sangat kecil tetap berada di luar pasokan udara kompresor. Filter menjebak partikel-partikel ini dan menjauhkannya dari bagian-bagian penting mesin. Saringan filter udara inilah yang menghasilkan udara bersih yang dapat digunakan untuk pengecatan atau alat pneumatic lainnya.

Karena kompresor angin mendorong begitu banyak udara melalui dirinya sendiri dan karenanya melalui filter, maka anda harus membersihkan filter untuk menjaga udara bersih masuk ke ruang kompresi.

Selain membersihkan filter udara, pastikan bahwa oil level tetap terjaga pada level yang direkomendasikan. Terkadang udara yang sudah terkompresi tidak murni 100% karena terdapat partikel oli yang lolos ke ruang produksi sehingga semakin berkurangnya oli di tangki separator

3. Servis 4000 jam

Meskipun perawatan mingguan rutin dilakukan tentunya tidak cukup untuk kompresor agar tetap terjaga karena part yang dibersihkan tidak akan sama dengan part yang baru, maka dari itu pada perawatan 4000 jam ini dilakukan pergantian di beberapa part yaitu:

  • Air Filter: Filter berfungsi untuk menyaring partikel udara agar tidak masuk ke ruang kompresi, untuk menjaga kualitas udara maka penggantian filter dibutuhkan ketika kompresor sudah mencapai 4000hr
  • Oli: Setelah digunakan 4000hr kualitas cooling dan lubricating oli akan menurun karena tercampur partikel yang lolos dari air filter.
  • Oil Filter: Ketika oli sudah tercampur partikel debu, tentunya proses penyaringan oil tidak akan maksimal maka ganti oli filter ketika kompresor sudah mencapai 4000hr
  • Oil Separator: Ganti oil separator untuk mencegah blocking pada kompresor

 

4. Servis 8000 jam

Pada perawatan 8000hr ini part yang harus diganti sama dengan perawatan 4000hr, namun ada beberapa tambahan part yang harus diganti agar kualitas kompresor tetap terjaga.

  • Rubber coupling
  • Minimun Pressure Valve
  • Blowdown valve
  • Sirkulasi oil dan after cooler

fadnov

Web:



Leave a Replay

Make sure you enter the(*)required information where indicate.HTML code is not allowed

EnglishIndonesian