PT. FADNOV AIRTECH INDONESIA

Specialist Rental Air Compressor

Lima Elemen Hemat Energi Dalam Sistem Kompresor Udara

 

Hemat energi adalah topik paling populer di industri kompresor udara saat ini, dan ada banyak artikel yang menjelaskan tentang penghematan energi pada kompresor udara, namun karena penghematan energi pada sistem kompresor udara lebih banyak tentang integrasi dan penerapan teknologi, fokus lembaga penelitian adalah pada penghematan energi dari peralatan yang diproduksi. Sejauh ini, belum ada panduan teoretis yang lebih lengkap dan halus bagi pengguna.

 

Artikel ini mencoba menggunakan konsep dasar “lima elemen” dalam teori total quality management (TQM), sebuah konsep yang sangat familiar bagi perusahaan manufaktur, dengan cara yang mudah dipahami, untuk diubah menjadi lima elemen hemat energi di sistem kompresor udara : “manusia, mesin, kegunaan, metode, dan lingkungan”. Panduan pengguna untuk penghematan energi dalam sistem kompresor udara akan diperkaya dengan panduan pengoperasian praktis.

 

Menurut guru manajemen Peter Drucker, “Kewirausahaan adalah tentang melakukan dua hal, yang pertama adalah pemasaran dan yang kedua adalah mengurangi biaya”. Satu-satunya cara bagi perusahaan manufaktur untuk terus memaksimalkan keuntungan mereka adalah dengan “membuka sumber” dengan meningkatkan penjualan dan “memotong biaya”. Dalam situasi saat ini di mana tingkat pertumbuhan pasar industri melambat, pengendalian biaya operasi untuk memastikan dan meningkatkan keuntungan perusahaan sangat penting.

 

Secara umum, kompresor udara mengkonsumsi sekitar 20% dari konsumsi listrik pabrik, dan di beberapa industri mengkonsumsi sebanyak 80%. Bahkan jika itu hanya firasat, penghematan energi sistem kompresor udara sangat penting.

Beberapa cara umum yang mungkin untuk energi adalah sebagai berikut

  1. Peralatan produksi dan penanganan udara tekan yang efisien.
  2. pemilihan unit, metode kontrol dan desain pipa yang optimal.
  3. manajemen penyesuaian tekanan udara dan sistem udara tekan di tempat.
  4. peningkatan efisiensi kontrol kehilangan tekanan, kebocoran dan perangkat yang menggunakan gas gas
  5. penggunaan perangkat pemulihan energi untuk mengurangi konsumsi energi secara keseluruhan

 

Lima faktor utama untuk penghematan energi dalam sistem kompresor udara di tingkat pengguna adalah: Manusia, Mesin, Kegunaan, Metode dan Lingkungan.

  1. Manusia

Sistem kompresor udara, atau sistem udara terkompresi seperti yang disebut, adalah kumpulan kompleks “sistem manusia-mesin” di mana orang-orang adalah: sebagai pekerja, sebagai pengontrol, sebagai monitor.

2 Mesin

Semua peralatan dan fasilitas yang digunakan dalam sistem kompresor udara adalah dasar untuk penghematan energi dalam sistem kompresor udara. Cara termudah dan paling umum untuk melakukannya adalah dengan menggunakan peralatan produksi udara tekan yang lebih hemat energi, dan cara lain untuk memotong konsumsi energi secara keseluruhan adalah dengan menambahkan perangkat pemulihan energi.

  1. Kegunaan

Penghematan energi dalam sistem udara terkompresi tidak hanya dapat berfokus pada pengurangan konsumsi energi dalam produksi udara terkompresi, tetapi juga merupakan bagian yang sangat penting untuk mengurangi konsumsi dan kehilangan udara terkompresi.

  1. Metode

”Metode” penghematan energi pada sistem kompresor udara mengacu pada metode pengoperasian dan pengelolaan sistem udara tekan. Berbeda dengan persyaratan umum untuk pengoperasian kompresor udara yang stabil, “metode” di sini bertujuan untuk mendapatkan udara bertekanan dengan biaya energi serendah mungkin sambil memenuhi produksi pabrik normal.

  1. Lingkungan

“Lingkungan” mengacu pada lingkungan di mana sistem kompresor udara berada, yang sering diabaikan. Beberapa efek dari faktor lingkungan terlihat jelas pada saat peralatan digunakan (dan ini juga disorot pada saat pemasangan), sementara beberapa efek buruk dari faktor lingkungan lebih permanen dan tersembunyi dan memerlukan perhatian khusus.

 

Mengambil Artikel dari KINGKU.NET Tang Zhiwei

fadnov

Web:



Leave a Replay

Make sure you enter the(*)required information where indicate.HTML code is not allowed

EnglishIndonesian