PT. FADNOV AIRTECH INDONESIA

Specialist Rental Air Compressor

TIPS MEMILIH KOMPRESOR UDARA UNTUK KEBUTUHAN INDUSTRI ANDA

Dalam sebuah industri, kompresor udara berfungsi untuk men-supply kebutuhan compressed air atau udara terkompresi dengan jumlah dan tekanan tertentu. Sehingga keberadaan compressed air ini sangat vital keberadaanya di dunia industri.

Banyak tipe dan jenis kompresor udara yang beredar, sehingga dalam memilih kompresor udara harus dapat memilah supaya kompresor udara tersebut sesuai dengan demand.

Terdapat 3 (tiga) spesifikasi dasar yang harus dipahami dalam memilih kompresor udara, diantaranya :

1.) Free Air Delivery (FAD)

Free Air Delivery (FAD) adalah laju aliran udara yang diperoleh dari pengukuran di outlet kompresor, yang ditentukan pada tekanan outlet yang sesuai. FAD menunjukkan seberapa besar volume udara yang dapat dihasilkan/dikeluarkan oleh mesin kompresor. Pada kompresor dengan tipe Reciprocating atau Piston biasanya satuan FAD nya dalam Liter per menit (L/Min), sedangkan pada kompresor Screw biasanya dalam meter kubik per menit ( M3/Min).

2.) Pressure

Spesifikasi selanjutnya dalam memilih kompresor yang tepat dan sesuai adalah pressure atau tekanan. Kita harus mengetahui berapa besar tekanan yang dibutuhkan dari mesin – mesin demand. Sehingga pressure dari kompresor sebagai supply harus dapat memenuhi tekanan pada demand. Pressure pada Kompresor menunjukkan seberapa besar tekanan udara maksimum yang dapat dihasilkan oleh mesin kompresor, dengan satuan bar/megapascal (MPa).

Secara matematis Tekanan berbanding terbalik dengan Flow atau (FAD). Artinya Semakin besar tekanan maka flow akan cenderung turun, sebaliknya jika tekanan semakin rendah maka flow semakin naik dengan daya motor yang sama.

Oleh karena itu dalam memilih kompresor yang sesuai dan tepat untuk bisnis Anda adalah dengan memilih kompresor dengan kapasitas tekanan lebih besar dari kebutuhan, tetapi tidak terlalu tinggi sehingga diperoleh flow yang maksimal.

3.) Motor Power

Terakhir, kita perlu memastikan berapa banyak motor power yang digunakan untuk mengoperasikan mesin kompresor. Fungsi dari kita mengetahui Motor power adalah untuk memastikan elektrikal yang kita miliki. Semakin besar kapasitas motor, semakin besar daya yang dibutuhkan untuk menggerakkan kompresor, sehingga dapat kita persiapkan elektrikal yang dibutuhkan. Satuan dari power sendiri menggunakan satuan kW atau HP (Horse Power).

fadnov

Web:



Leave a Replay

Make sure you enter the(*)required information where indicate.HTML code is not allowed


Notice: Undefined variable: args in /home/fadnovai/public_html/wp-content/themes/wp_corlate-master/comments.php on line 134
EnglishIndonesian